Archive for January, 2011

13 January 2011

Variasi Minuman Antioksidan Alami Mengoptimalkan Kesehatan Anda

Saat para ilmuwan pertama kali menemukan kekuatan zat antioksidan dalam menghancurkan radikal bebas si perusak sel, banyak orang menggantungkan harapan pada si zat ajaib ini.

Sebelumnya pengetahuan kita tentang sumber antioksidan hanya terbatas pada sayuran dan buah-buahan berwarna. Namun kini para ahli berhasil menemukan sumber-sumber antioksidan lain yang tak terduga. “Jumlah, sumber dan variasi dari zat ajaib ini kini terus dicari,” kata Christine Gerbstadt, MD dari American Dietetic Association.

Kabar baiknya adalah makin bervariasi sumber antioksidan yang Anda asup, makin besar keuntungan yang bisa dipetik.

Rosella dikenal kaya akan antioksidan dan vitamin C, namun : “Jangan cuma minum antioksidan alami dari teh rosela setiap hari saja dan sudah merasa kita sehat. Makin banyak variasi bahan pangan, makin luas spektrum keuntungannya,” kata Joe Vinson, PhD, analisis kimia dari University of Scranton.

Apa saja sumber-sumber antioksidan lainnya?

1. Biji serelia utuh
Para peneliti dari University of Scranton menemukan bahwa makanan olahan dari whole grain (biji serelia utuh) mengantung antioksidan tiga kali lebih tinggi dibanding sumber karbodhirat yang sudah digiling. Riset juga menunjukkan whole grain dapat membantu mengontrol tekanan darah selama 10 jam sejak dikonsumsi.

2. Popcorn
Popcorn mengandung polyphenol, senyawa pelawan kanker, empat kali lebih tinggi dibanding jumlah yang bisa kita temui dalam sayuran. Demikian menurut Vinson yang telah menguji kadar antioksidan berbagai jenis makanan whole grain.

3. Telur
Dibanding bayam, kandungan lutein (zat pelindung mata dari katarak) dalam telur memang lebih sedikit. Namun para ahli dari Jean Mayer USDA Human Nutrition Center on Aging at Tufts University menemukan bahwa lutein dari kuning telur lebih mudah dicerna tubuh dibanding lutein dari bayam. Hal ini diyakini karena kuning telur membantu tubuh kita memproses antioksidan dengan lebih baik.

4. Yogurt
Anda pecinta yogurt? Kabar baik, karena secangkir plain yogurt rendah lemak mengandung 25 persen kecukupan harian akan riboflavin atau setara dengan secangkir sayur bayam. Meski bukan antikosidan, namun riboflavin (Vit B) sangat penting untuk mendukung kerja antioksidan. Tanpa riboflavin, antioksidan tidak bisa menghancurkan radikal bebas.

5. Minyak kanola
Menurut peneliti dari Oregon State University, minyak kanola kaya akan alphatocopherol antioksidan. Alphatocopherol adalah satu dari delapan jenis antioksidan dalam vitamin E.

6. Susu organik
Segelas susu yang dihasilkan dari sapi yang diternakkan secara organik (dibiarkan makan dari rumput di tanah) mengandung antioksidan, vitamin E dan beta karotein serta lutein yang lebih banyak.

dirujuk dari kompas.com

13 January 2011

Teh Rosella : Antioksidan Penurun Kolesterol

Membaca ulasan Kompas Selasa, 10 November 2009 | 07:49 WIB

KOMPAS.com – Teh rosella yang banyak tumbuh di China, India, dan Taiwan seringkali digunakan sebagai pengobatan tradisional untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Tapi ternyata manfaatnya tak hanya sekedar menurunkan kolesterol, teh ini juga mengandung antioksidan serta mengurangi tekanan darah tinggi.

Studi para ahli di Shan Medical University of Biochemistry di Taiwan mengambil ekstrak Rosella dan terbukti menurunkan kadar LDL kolesterol serta mengurangi resiko penyakit jantung. Hasil penelitian ini dipublikasikan di Journal of the Science Of Food and Agriculture yang diprakarsai oleh Dr. Chau – Jong Wang.

Dr. Chau-Jong Wang menyatakan bahwa penelitiannya telah membuktikan komponen ekstrak rosella dapat mengurangi kolesterol dan lemak yang tertimbun di pembuluh darah.

Hal senada juga diungkapkan oleh Dr.Charmaine Griffiths, juru bicara dari British Heart Foundation seperti yang dilansir BBC bahwa ada suatu kandungan antioksidan yang dinamakan flavonoid yang bisa mengurangi LDL atau kolesterol jahat.

Sedangkan seorang peneliti dari Insititute of Biochemistry and Biotechnology di Chung San Medical University, Yun Ching Chan, menyatakan bahwa pigmen dari rosella yang dikeringkan cukup efektif dalam menghancurkan sel kanker. Untuk itu, penelitian lebih lanjut mengenai hal ini masih dilakukan.

Akan tetapi, perlu diingat pula bahwa untuk mengurangi kolesterol, Anda tidak hanya dengan meminum teh saja. Tentunya, akan lebih baik jika Anda menyertakan olahraga dan makan makanan yang sehat untuk menjaga kesehatan Anda.

dr.Intan Airlina Febiliawanti

Editor: acandra (Kompas, 2009)

%d bloggers like this: